Shadow Teacher Jakarta. Istilah shadow teacher atau guru bayangan mungkin belum terlalu familiar di telinga kebanyakan orang. Namun, dalam dunia pendidikan inklusi atau pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK), keberadaan guru bayangan sangat lumrah. Guru bayangan atau disebut juga guru pendamping adalah guru yang mendampingi anak berkebutuhan khusus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah umum yang menyediakan layanan program pendidikan inklusi. Ini terutama berlaku di tingkat prasekolah dan sekolah dasar.
Beberapa sekolah menengah pertama (SMP) juga memiliki layanan guru bayangan. Ada juga Shadow Teacher Jakarta yang dipekerjakan atau dibayar langsung oleh orang tua ABK untuk mendampingi anaknya dalam kegiatan belajar di sekolah. Jenis-jenis anak berkebutuhan khusus yang biasanya mendapat pendampingan dari Shadow teacher di Jakarta antara lain anak autis, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), ADD (Attention Deficit Disorder), kesulitan belajar (learning disability), dan beberapa jenis lainnya.
Bagi orang yang tidak mengerti dunia ABK, keberadaan Shadow Teacher di jakarta ini mungkin sering dianggap sepele. Padahal, tugas mereka sangat berat lho. Tugas utama pendampingan anak berkebutuhan khusus di kelas bukan berarti Shadow teacher ini membantu anak dengan ikut mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru kelas. Peran shadow teacher lebih pada membantu anak berkebutuhan khusus untuk berinteraksi dengan teman-temannya di kelas atau sekolah dan memahami materi pelajaran yang diberikan oleh guru utama di kelas dengan lebih baik.
Shadow Teacher di jakarta biasanya memiliki latar belakang pendidikan jurusan psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Namun tidak menutup kemungkinan guru bayangan tersebut adalah guru biasa yang telah dilatih khusus untuk menangani ABK. Nah, berurusan dengan anggota kru ini tidak selalu mudah. Tugas guru bayangan dimulai dengan mengenali dan mendekati anak. Selama jam sekolah, mereka setidaknya harus menemani awak kapal yang menemani.
Tak jarang guru bayangan juga harus melatih anak untuk bisa hanya duduk diam di kelas, mengajar sambil memegang pensil, menulis, membaca, dan sebagainya. Bahkan guru bayangan itu seperti pengasuh yang harus menjaga anak berkebutuhan khusus, menemani makan, bahkan memberi makan, merawat saat anak tiba-tiba sakit di sekolah, membantu buang air besar di toilet, termasuk berurusan. dengan emosi anak, saat senang, sedih, marah, atau saat anak mengalami kesulitan. mengamuk. Guru bayangan juga harus mendampingi ABK ketika ada bullying (perundungan) yang mungkin dilakukan oleh teman sekolahnya.
Selain harus terampil menangani anak berkebutuhan khusus, guru bayangan juga harus mampu menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan guru kelas dan orang tua anak, bahkan guru bimbingan dan konseling sekolah (BK), atau psikiater atau terapis atau psikolog. Karena melalui proses pembelajaran di sekolah diharapkan perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus dapat lebih maksimal, mendorong kemandirian anak, meningkatkan keterampilan berinteraksi, dan menumbuhkan rasa tanggung jawab.
Gurukita.id memberikan SOLUSI TERBAIK untuk Anda. Kami akan membantu menyediakan Shadow teacher terbaik yang memahami buah hati Anda.
Untuk Konsultasi dan Pendaftaran, Silakan Hubungi Gurukita.id
Call : 0811999845
WhatsApp : 0811999845